Speech B Training
Selamat Datang di Blog Speech B Training, sebuah blog yang membangun karakter Anda menjadi Spektakuler. Karakter yang dibentuk melalui pelatihan dengan mengolah raga, pikir, otak, dan rasa. Salam Character, SPECTACULAR !!!
zwani.com myspace graphic comments

Selasa, 28 Juni 2011

Beranilah Menangis !!!


Menangis bagi sebagian orang, khususnya laki-laki kadang dianggap sebagai aib dan menimbulkan rasa malu ketika menangis. Padahal sejatinya, menangis adalah potensi manusia yang normal terjadi ketika stimulus yang timbul dari aktivitas dan kenangan mendorong emosi menggejolakkan rasa pada jantung (heart) yang diartikan di Indonesia sebagai hati.

Emosi manusia tidaklah stabil. Karena itu menangis bahkan bisa menjadi senjata atau kekuatan untuk menjadi lebih baik. Secara fisik dan psikologi, menangis memberikan manfaat yang luar biasa. Coba lihat anak kecil di sekitar kita atau anak kita sendiri, ketika usai menangis seperti ada kekuatan baru yang tampak pada wajahnya, matanya begitu segar dan menimbulkan harapan baru.

Sahabat Spectan, coba perhatikan manfaat menangis berikut ini, dan renungkanlah lalu beranilah menangis untuk sebuah kekuatan baru.

- Membersihkan mata
Fungsi utama air mata adalah membuat indera penglihatan kita menjadi lebih jelas. Tidak hanya membasahai bola mata dan kelopak mata, tetapi juga mencegah dehidrasi membran yang ada disekitar mata. Saat mengeluarkan air mata, mata Anda sebenarnya sedang dalam proses
pembersihan. Hal itu membuat kotoran yang menempel pada mata ikut keluar melalui air mata dan mata pun menjadi bersih.

- Membunuh bakteri
Air mata mengandung lysozyme, yaitu cairan yang bisa membunuh 90 - 95 persen bakteri dalam waktu 5 hingga 10 menit. Jadi, saat Anda mengeluarkan air mata, secara otomatis bisa membunuh bakteri berbahaya yang bisa memicu iritasi pada mata.

- Menstabilkan mood
Apakah Anda tahu kadar zat mangan dalam tubuh? Tingginya kadar mangan dalam tubuh bisa memicu mood yang tidak satabil, kekhawatiran berlebihan, dan perasaan yang sensitif. Nah, dengan menangis kadar mangan dalam tubuh Anda bisa diturunkan dan membuatnya dalam keadaan
normal.

Selain itu, air mata yang keluar saat Anda dalam keadaan emosi, mengandung 24% protein albumin yang berfungsi membawa molekul racun keluar dari tubuh.

- Menurunkan stres
Menangis bisa membuat tingkat stres yang Anda alami menurun. Hal itu karena saat menangis, zat kimia yang dikeluarkan tubuh saat Anda yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin akan berkurang. Berlaku sebaliknya, jika Anda menahan tangis maka tingkat stres yang dialami akan naik dan bisa berdampak pada kesehatan seperti masalah jantung, dan tekanan darah tinggi.

Makanya, Allah SWT sangat menganjurkan kepada hambanya untuk bersujud di hadapan-Nya dan mengakui semua kesalahannya di waktu tengah malam (Tahajjud). Di situlah kita dianjurkan untuk menangis dan menangis ... kenapa?

Allah mengijinkan kita menjadi sehat dan lebih kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar